[Resep Kokidol] Cilok Telor Saus Lada Hitam Buat Temen Cemal Cemol



Hari Minggu yang mendung-mendung syahdu ini paling enak makan yang anget-anget pedezz *pakai z dobel*. Kalok jajan di abang-abang 2ribu dapet 4biji. Kalok bikin sendiri, 8ribu dapet sebaskom. Makanan apakah itu? Ciloook! 

Sausnya pakai lada hitam, berhubung baru aja bisa bikin saus jenis ini kekeke. Langsung cekidots the resep aja yokk!


Cilok:
250 gram tepung terigu. Di Mbah Sudi Store seplastik 1/4 kg langsung diabisin nggak usah nimbang :D.
250 gram tepung kanji.
4 batang daun bawang iris tipis.
2 tangkai seledri cincang halus.
1 genggam teri asin,halusin atau cincang. Biar rasanya rada rada ada aroma ikannya gitu, biar gaul dikit.
4 siung bawang putih dihaluskan
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1sdm kaldu bubuk
1/4 sdt garam. Kalok yang nggak suka asin, nggak perlu nggak apa. Karena terinya kan udah asin meskipun habis dicuci :).

Isi cilok:
2 butir telur diorak arik ples 1sdt kaldu bubuk.

Cuss kita mulai ya bu ibuu~
1. Campur semua tepung di baskom
2. Rebus air sampe mendidih, masukkan semua bumbu termasuk daun bawang dan seledri. Ni kayak mau bikin sop tuh, aromanya juga serupa. Aduk sampai rata, lalu tuang dikit demi dikit ke campuran tepung sambil diaduk. Ngaduknya pakai centong,kalok pake sendok capek :)))).
3. Uleni adonan sampai tercampur rata. Nah di sinilah kemampuan debuzz kamu dijuji, hakakaka. Soalnya kan airnya mendidih yaaa. Jadi, tangan cukup terasa tertsekit tsekit :))).
4. Setelah adonan jadi, ambil sejumput  pipihkan, isi dengan isian telur,bulet-buletin pakai tangan. Jangan lupa cuci tangan dulu pake alkohol biar steril :D. Dan apa yang sudah berani kamu mulai harus kamu akhiri saat itu juga. Langsung dibentuk semua, kalau keburu dingin jadi lengkett dan susah dibentuk.  Maunya nemplok mulu sama tangan T.T. 
5. Buletan calon cilok dilempar dengan gaya bebas ke panci berisi air mendidih. Kalau udah mengambang,tandanya udah mateng,boleh diangkat,lalu dipindah ke kukusan.
6. Kukus kurleb 20-30 menit biar tanak dan mateng sempurna,apinya kecil ajah. Lalu sajikan deh dengan saus lada hitam.

Heehh,saos lada hitamnya gimana bikinnyaaa? Oiya, sekalian deh ya. Gampang banget. Cuma 1/2 bawang bombay diiris tipis, tumis dengan 2 siung bawang putih cincang. Tambahin air, 1sdm saus tomat, 1sdm tepung maizena,1 sdm kecap manis, 2 sdm lada hitam yang udah ditumbuk kasar, 1sdm kaldu bubuk. Masak sampai mengental.

Naah, udah selesai!
Selamat mencoba nyemil-nyemil tsantik di rumah :)






Love,
@diladol

CONVERSATION

17 komentar:

  1. Mantab jaya... Harusnya dulu pas KKN bikin kelas memasak koq Dil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayud? Mas alfi iki? Heuheuheu. Thanks uda mampuirss bozz

      Delete
    2. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya




      (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







      Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya.

      Delete
  2. mau banget nih resep cilok tp campuran terigu satu bandings atu ya sama kanji, itu biar apa ya...biar ga terlalu alot ya...saya pernah bikin pempek pake campuran terigu pas di rebus tengahnya ga mateng2 jadi bagian tepungnya tetap mentah, itu kenapa ya ,...khawatir klo praktik cilok ini terjadi hal serupa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah perbandingan 1:1 ini udah teruji nggak alot mba :)). Direbus sampe mateng dulu, baru dikukus. Kalo saya kmrin ang rada lama ngukusnya biar bener2 mateng kenyal. Mat mencoba ya. Makasih udah mampir ;)

      Delete
  3. Replies
    1. Siapbundss trims udah sudi mampir wakakakaka

      Delete
  4. Wah ciloknya bikin ngiler ini. Aku belum pernah buat cilok sendiri, kapan-kapan nyoba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mbaa, mayan dapet buanyakk hehhhehe. Trimss yaa!

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. isinya telur diganti ayam cincang ga masalah kan ? kayanya lebih enak ayam cincang di bumbu kaldu :D

    ReplyDelete
  7. Boleh banget sesuai selera mbaa ;) enak tuhh ayam cincang :))). Makasih udah mampir yaa!

    ReplyDelete
  8. Wah. Resepnya simple. Bisa dicoba ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, silakan :)), terima kasih sudah mampir

      Delete
  9. itu makanan sederhana bisa kliatan cantik gitu ya ;) ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbaa, cuman ditata-tata aja ini hehehe :)

      Delete
  10. Syahh... aku lupa. >.< Resep Saus lada hitamnya, bikinnya gimana?

    ReplyDelete

Back
to top